Friday 30 September 2011

Pengenalan OpenGL

Untuk posting saya kali ini saya mengangkat tema tentanng openGL. Mungkin kawan-kawan masih merasa asing dengan kata-kata openGl. Oke, disini saya akan mencoba menjelaskan sedikit saja tentang openGL.

Sebelum kita membahas tentang openGL, saya akan memberi pemanasan lebih dahulu tentang sejarah dari openGL.

Sejarah OpenGL

Tahun 1980-an, mengembangkan perangkat lunak yang dapat berfungsi dengan berbagai hardware grafis adalah tantangan nyata. Pengembang perangkat lunak antarmuka dan kebiasaan menulis driver untuk setiap perangkat keras. Ini mahal dan mengakibatkan banyak duplikasi usaha.

Pada awal 1990-an, Silicon Graphics (SGI) adalah seorang pemimpin dalam grafis 3D untuk workstation. Mereka IRIS GL API dianggap keadaan seni dan menjadi standar industri de facto, membayangi terbuka berbasis standar PHIGS. Ini karena GL IRIS dianggap lebih mudah digunakan, dan karena itu mendukung modus langsung rendering. By contrast, Sebaliknya, PHIGS dianggap sulit untuk digunakan dan ketinggalan zaman dalam hal fungsionalitas. 

SGI’s pesaing (termasuk Sun Microsystems, Hewlett-Packard dan IBM) juga dapat membawa ke pasar 3D hardware, didukung oleh ekstensi yang dibuat pada PHIGS standar. Hal ini pada gilirannya menyebabkan pangsa pasar SGI untuk melemahkan karena lebih banyak hardware grafis 3D pemasok memasuki pasar. Dalam upaya untuk mempengaruhi pasar, SGI memutuskan untuk mengubah IrisGL API menjadi standar terbuka. SGI menganggap bahwa IrisGL API itu sendiri tidak cocok untuk membuka karena masalah lisensi dan paten. Juga, IrisGL memiliki fungsi-fungsi API yang tidak relevan dengan grafis 3D. Sebagai contoh, termasuk windowing, keyboard dan mouse API, sebagian karena dikembangkan sebelum Sistem X Window dan Sun’s NEWS sistem dikembangkan. Selain itu, SGI memiliki sejumlah besar pelanggan perangkat lunak; dengan mengubah ke OpenGL API mereka berencana untuk mempertahankan pelanggan mereka terkunci ke SGI (dan IBM) hardware untuk beberapa tahun sementara pasar dukungan untuk OpenGL matang. Sementara itu, SGI akan terus berusaha untuk mempertahankan pelanggan mereka terikat pada hardware SGI dengan mengembangkan maju dan kepemilikan Iris Inventor dan Iris Performer pemrograman API.
Akibatnya, SGI merilis standar OpenGL.

Nah setelah pemanasan kita langsung saja membahas tentang openGL. OpenGL adalah suatu library grafis standart yang digunakan untuk keperluan-keperluan pemrograman grafis. Sebenarnya ada banyak library pemrograman grafis disini selain openGL, misalnya DirectX.

Mungkin banyak dari kawan-kawan yang bertanya, mengapa memakai openGL?? karena openGL ini bersifat Open-Source, multi-platform dan multi-languange. selain itu openGL mendukung semua bahasa pemrograman dan dapat bekerja di lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD, dll.

Library dasar dari openGL adalah GLUT. GLUT disini ialah fasilitas library yang dapat dikembangkan.
Untuk sistem operasi Windows, library ini terdiri dari 3 file, yaitu :
- glut.h
- glut32.lib
- glut32.dll

lalu bagaimana instalasi GLUT pada Windows??
- Copykan file glut.h ke dalam folder c:\Program Files\Microsoft Visual Studio\VC98\Include\GL
- Copykan file glut32.lib di dalam folder c:\Program Files\Microsoft Visual Studio\VC98\lib
- Copykan file glut32.dll di dalam folder c:\Windows\System32
Perlu kawan-kawan ketahui bahwa instalasi GLUT ini dilakukan setelah instalasi Microsoft Visual C++

Untuk program pertama yang saya coba, ialah program yang sangat sederhana, yaitu membuat :


Untuk instalasi atau konfigurasi C++ dan program sederhana ini mungkin akan saya bahas pada postingan saya berikutnya kawan. :) 

2 comments:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai OpenGL, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2325/1/Texture%20Mapping%20for%20Solar%20System%20Simulation(OpenGL%20Implementation).pdf
    trimakasih

    ReplyDelete