Sunday 9 October 2011

Teknologi Web Semantic

Sebelum saya posting kawan, seperti bisa saya akan memberi sedikit cerita dulu, hehe
Pada hari senin minggu kemarin tepatnya kawan, di kampusQ tercinta mengadakan acara seminar tentang web semantic. Pembicaranya ialah Bp. daniel Sahaan dari ITS Surabaya. Awal mendengar kata semantic ini sebenaarnya saya bingung, apa semantic itu?? yah, mungkin kawan-kawan ada yang sudah secara familiar mengetahui apa itu web semantic, namun kali ini saya akan mencoba sedikit saja membagi apa yang saya dapatkan pada seminar tersebut kawan. :D


Pengenalan Intenet
Sebelum membahas tentang web semantic, Pak daniel menerangkan tentang intenet. Apa itu internet?? Internet ialah jaringan informasi komputer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia.
Ada banyak manfaat dari internet, yaitu :
- Informasi untuk kehidupan pribadi : 
 Contoh : Kesehatan, Rekreasi, Hobby, Pengembangan Pribadi, Rohani, Sosial.
- Informasi untuk kehidupan profesional/Pekerja : 
Contoh : Sains, Teknologi, Perdagangan, Saham. Komoditas, Berita Bisnis, Asosiasi Profesi, Asosiasi Bisnis, Berbagai Forum Komunikasi.
- Sharing informasi
- Media modern
- Mempermudah customer

Sejarah dari Internet
Cikal bakal dari Internet adalah ARPANET, sebuah jaringan eksperimen milik pemerintah Amerika Serikat berbasis komunikasi data paket yang didirikan di tahun 1969. Tujuannya untuk menghubungkan para periset ke pusat-pusat komputer, sehingga mereka bisa bersama-sama memanfaatkan sarana komputer seperti disk space, data base dan lain-lain. Kegiatan ini disponsori oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, bersama lembaga yang dinamakan Advanced Research Projects Agency (ARPA) . Diawal 1980-an, ARPANET terpecah menjadi dua jaringan, yaitu ARPANET dan Milnet (sebuah jaringan militer), akan tetapi keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi antaar jaringan tetap dapat dilakukan. Pada mulanya jaringan interkoneksi ini disebut DARPA Internet, tapi lama-kelamaan disebut sebagai Internet saja. Di tahun 1986 lahir National Science Foundation Network (NSFNET), yang menghubungkan para periset di seluruh negeri dengan 5 buah pusat super komputer. Jaringan ini kemudian berkembang untuk menghubungkan berbagai jaringan akademis lainnya yang terdiri atas universitas dan konsorsium-konsorsium riset. NSFNET mulai menggantikan ARPANET sebagai jaringan riset utama di Amerika. Pada bulan Maret 1990 ARPANET secara resmi dibubarkan. Pada saat NSFNET dibangun, berbagai jaringan internasional didirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Australia, negara-negara Skandinavia, Inggris, Perancis, jerman, Kanada dan Jepang segera bergabung. Pada saat ini Internet terdiri atas lebih dari 15.000 jaringan yang mengelilingi dunia (70 negara di 7 benua). Sekitar 25 juta orang dapat saling mengirimkan pesan melalui Internet dan jaringan-jaringan lain terhubung dengannya. Pemakaiannya sudah bukan murni untuk riset saja, tetapi mencakup kegiatan sosial, komersial (melalui jaringan antar komersial bernama CIX), budaya dan lain-lain.

Pertumbuhan Internet di Indonesia
di kutip dari detikinet.com bahwa pengguna Internet di Indonesia semakin meningkat untuk tahun ini, Bagi pengguna internet di Asia Tenggara, Indonesia rupanya berhasil mencapai sebanyak 48% pengguna aktif internet. Setidaknya itulah hasil yang dilakukan Net Index Study yang diselenggarakan oleh Yahoo.
Jumlah itu naik 26% dibandingkan pada tahun 2009. Hal itu disebabkan peningkatan pengguna internet melalui ponsel atau internet mobile dan trend untuk mengakses media online.
Tarif dan ekspansi 3G di Indonesia rupanya memainkan peranan penting dalam pertumbuhan internet. Pengguna jaringan sosial juga mencapai hingga 77%, naik sekitar 19% dari tahun lalu.

Pengenalan Web Semantic
Menurut W3C Web service adalah suatu sistem perangkat lunak yang didisain untuk mendukung  interaksi mesin ke mesin pada suatu jaringan. Perangkat Lunak aplikasi yang ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman dan berjalan pada berbagai platform dapat menggunakan Web Service untuk pertukaran data pada jaringan komputer seperti Internet dalam cara yang serupa dengan komunikasi inter-process pada komputer tunggal. Interoperabilitas ini (sebagai contoh, antara Java dan Python, atau Microsoft Windows dan aplikasi Linux) adalah dalam kaitan dengan penggunaan dari open standard.
Sedangkan menurut Michael C. Daconta, Web Service adalah aplikasi perangkat lunak yang dapat ditemukan, diuraikan, dan diakses berdasarkan pada XML dan protokol standard Web pada intranet, extranet, dan Internet.
Web Service pertama fokus pada interoperabilitas. XML adalah sintaksis dari pesan, sedangkan Hypertext Transport Protocol (HTTP) adalah bagaimana aplikasi mengirimkan pesan XML ke Web Service dalam rangka berkomunikasi. Teknologi Web Service, seperti Universal Description, Discovery, and Integration (UDDI) dan ebXML registries, memungkinkan aplikasi untuk secara dinamis menemukan informasi tentang Web Service.

Kegunaan Web Semantic 

1. Administration and Automation
Membuat pengaturan perjalanan bisa merupakan suatu mimpi buruk administratif. Semua orang mempunyai pilihan perjalanan dan harus mempertimbangkan hal-hal berikut:
- Pilihan transportasi (mobil, kereta, bus, pesawat)
- Pilihan Hotel dan reward yang berhubungan dengan hotel
- Pilihan Perusahaan Penerbangan
- Dekatnya hotel ketempat pertemuan
- Pilihan ruang hotel (nonsmoking, king, bar, wireless network in lobby)
- Pilihan penyewaan mobil
- Harga (penginapan dan biaya transportasi per hari untuk perusahaan anda)
Dengan mengakses tag semantik yang dapat terhubung pada layanan hotel dan perjalanan yang online, aplikasi perjalanan anda dapat membandingkan, mengevaluasi pilihan tsb, dan menyajikan kepada anda daftar terbaik yang cocok.

2. Information Sharing and Knowledge Discovery
Berbagi Informasi dan komunikasi adalah tertinggi dalam  organisasi apapun, tetapi ketika kebanyakan organisasi tumbuh dan mengumpulkan lebih banyak informasi, ini merupakan suatu perjuangan yang besar. Dengan sangat sedikit saja usaha, suatu knowledge base perusahaan dapat paling sedikit mencakup suatu pencatatan/registry dari uraian tentang proyek dan apa yang sedang dibangun oleh masing-masing tim. Bayangkan bagaimana ia memudahkan karyawan anda untuk mampu menemukan informasi yang relevan. Penggunaan Semantic Web memungkinkan Web service dapat mengijinkan kita untuk menciptakan pencatatan/registry seperti itu.
3. Information Sharing and Knowledge Discovery
Berbagi Informasi dan komunikasi adalah tertinggi dalam  organisasi apapun, tetapi ketika kebanyakan organisasi tumbuh dan mengumpulkan lebih banyak informasi, ini merupakan suatu perjuangan yang besar. Dengan sangat sedikit saja usaha, suatu knowledge base perusahaan dapat paling sedikit mencakup suatu pencatatan/registry dari uraian tentang proyek dan apa yang sedang dibangun oleh masing-masing tim. Bayangkan bagaimana ia memudahkan karyawan anda untuk mampu menemukan informasi yang relevan. Penggunaan Semantic Web memungkinkan Web service dapat mengijinkan kita untuk menciptakan pencatatan/registry seperti itu.

4. Customer Relationship Management (CRM) 
memungkinkan kerja sama antar mitra, pelanggan, dan karyawan dengan menyediakan faktor-faktor yang berhubungan, informasi yang diselaraskan dari berbagai sumber data di dalam organisasi anda. Solusi ini sudah menjadi kunci dalam membantu untuk mempertahankan kesetiaan pelanggan.
Tenaga ahli industri E-commerce percaya bahwa Semantic Web dapat digunakan dalam matchmaking untuk ebusiness. Matchmaking adalah suatu proses di mana bisnis diletakkan pada hubungan dengan pelanggan atau mitra bisnis potensial.

Aplikasi Yang Telah Dikembangkan  dengan Semantec :
- Pasar Tablet
- blueBill Mobile :
  SWIP (Semantic Web In Pocket)
- Teknologi berbasis android :
   Mobile Social SW Client for Android

Nah, mungkin ini saja yang dapat saya sampaikan pada kawan-kawan. Semoga penjelasan yang singkat ini dapat bermanfaat. Apabila ada yang kurang berkenan harap dikoreksi ya kawan. :)


# Dia yang mampu bersyukur dengan apa yang dimiliki, adalah dia yang selalu mampu temukan bahagia dalam dirinya sendiri #

1 comment:

  1. dulu dikampus juga ada pelatihan web semantic, akan tetapi pada saat itu aku ada kuliah. jadi tidak sempat untuk mengikutinya.

    ReplyDelete