Monday 30 May 2011

Cara Menentukan Tema Blog Kita

Setelah kawan-kawan arek infor membaca tulisan-tulisan sebelumnya, pasti ingin rasanya untuk segera membuat blog. Dalam hal membuat blog merupakan hal yang sangat mudah dan instant, namun masalahnya ialah MAU DIISI DENGAN APA BLOG INI?? Nah, pertanyaan ini pula yang sering saya dengar dari kawan-kawan saya yang telah memiliki sebuah blog, termasuk saya dulu, hehe..
Nah kawan, daripada bingung sebelum melangkah, maka simak sedikit tips saya ini. 
 
1. PILIH TOPIK YANG DIKUASAI
sekarang, berhentilah sejenak untuk aktivitas apapun kawan. Mulailah tanyakan kepada diri anda, kira-kira apa yang kawan-kawan kuasai?? Setelah mengetahui apa yang kawan kuasai, maka mulailah untuk menuangkannya dalam blog kawan-kawan.
Misalkan : Udin yang merupakan seorang montir, sangat menguasai bidang perbengkelan mobil. Maka, ia membuat blog SERVICEMOBIL.BLOGSPOT.COM dimana blog tersebut diisi dengan berbagai cara untuk menyetel gas, memperbaiki AC, mencuci mobil,dll. 
 
2. PILIH TOPIK SESUAI HOBI
Wah, maksudnya gimana ni mbak je?? Oke kawan, sebelumnya perlu ditanyakan lagi pada diri sendiri, apa hobi kita?? Nah mungkin ada yang hobi traveling, makan, mancing, dll. Dari sini lah kawan-kawan dapat menuangkannya dalam tulisan blog.
Misalnya : Awaludin memilki hobi makan. nah, tiap tempat yang ia singgahi ia selalu memotret dan menuliskannya dalam blog. Suatu ketika jika ada yang ingin berwisata kuliner dapat membaca blognya dan akan mendapat informasi dimana tempat makan yang enak dan lokasinya, atau bisa saja Awaludin diajak serta ikut menemani makan, hehe... bermanfaat bukan?

3. PILIH TOPIK SESUAI PELAJARAN

Nah, disini kawan-kawan dapat mendapatkan ide menulis isi blog dari apa yang sedang kawan-kawan pelajari saat ini.
Misalkan : Saya saat ini sedang ada praktikum Java Programing. Hari ini saya mendapat materi tentang OOP java dan tugas. Nah dari praktikum saya hari ini, saya ambil inti dari apa yang diterangkan dosen dan saya tulis di blog agar tidak lupa dan dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Mudah bukan kawan?

Dari ketiga tips tersebut kawan-kawan dapat memilih mana yang kiranya sesuai dengan hati kawan-kawan.
Nah kawan, manfaat dari memilih topik tersebut ialah : 
  • Kawan-kawan tidak akan kehabisan ide untuk mencari bahan tulisan di blog, karena yang kawan tulis adalah hobi,pelajaran atau kegemaran sendiri 
  • Tidak ada perasaan jenuh untuk menulis, karena selalu ada yang baru untuk ditulis di dalam blog kawan-kawan. 
  • Media untuk memberi informasi kepada orang lain. 
  • Membangun citra diri kawan-kawan di mata dunia. 
  • Membangun koneksi kawan-kawan dengan orang lain.
Oke kawan, semoga postingan saya kali ini bermanfaat ya,,,

Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ketepian

No comments:

Post a Comment