Monday 23 May 2011

Macam-Macam Penyedia Blog

Setelah postingan yang kemarin tentang manfaat ngeblog, kita akan meju selangkah lagi kawan. Pastinya setelah membaca postingan saya kemarin kawan-kawan arek infor tertarik ingin membuat blog. Yups,,, lima jempol buat kawan-kawan karena tiadalah guna ilmu tanpa di praktikkan. Lalu siapa aja sih yang menyediakan layanan untuk membuat blog secara gratis tentunya. Oke, mari saya jabarkan sedikit kawan,

1. Blogger atau Blogspot.com
Blogspot merupakan situs penyedia blog yang sangat populer di dunia saat ini. Blogspot pertama kali dimiliki oleh PyaraLab dan pada tahun 2002 lalu blogspot diambil alih oleh google.com. Sejak saat itu banyak terdapat aplikasi yang bersifat oppen source untuk mengembangkan para penulis blog sehingga sangat mengun-tungkan bagi kita.

Wordpress merupakan projek yang dikembangkan oleh perusahaan Automattic. Siapakah yang pertama kali mengembangkannya?? ialah Matt Mullenweg, Mike litle dan Michael valdrighi di bawah platform bbpres. Wordpress juga dapat di download dan dijalankan secara offline, kawan-kawan bisa mendapatkan secara gratis di wordpress.org.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya,,, kok lucu ya nama hostingnya? Yup, inilah situs blog yang dibuat oleh anak negeri sendiri, yaitu Indonesia. Situs ini dibentuk pada awal tahun 2007 oleh sebuah jaringan perkawanan, bukan jaringan teroris lho kawan. Layanan ini dibangun dengan harapan dapat memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk berekspresi memalui blog.

Multiply sebenarnya merupakan situs jejaring sosial dengan fitur yang sangat memadai untuk orang-orang yang ingin berbagi foto, video maupun blog. Pada dasarnya kawan, multiply fokus membidik aspek layanan jejaring sosial dengan menekankan pada entry blog berisi foto dan vidio. Namun, saat ini multiply paling banyak dimanfaat untuk Ecommerce atau orang-orang yang ingin menjual barang dagangannya dengan media online. Pada tahun 2010 kemarin multiply dinobatkan menjadi "Toko sosial terbesar" di Asia Tenggara dengan jumlah pedagang lebih dari 70.000 dan 20 juta pengunjung unik lho kawan.

MySpace ialah sebuah website terpopuler dan memiliki nilai trafic yang tinggi pada masa itu. Keunggulan dari MySpace ialah kawan-kawan dapat mengupload fotodan men-sharenya. Mungkin kawan-kawan bingung, apa bedanya dengan kita membuat multiply? memang MySpace memiliki fokus yang sama dengan multiply yaitu dengan menempatkan diri sebagai social networking. MySpace muncul kali pertama pada tahun 2004 karena dari sini kita dapat langsung melihat video via ponsel. Hebatnya kawan, MySpace bisa mengalahkan kepopuleran video streaming You Tube lho kawan. namun kebanyakan pengguna situs ini berasal dari AS, dan di Indonesia situs ini tidak begitu laku, sayang sekai kawan.

Oke kawan, kali saya akan membahas tentang Flickr.com, semoga kawan-kawan arek infor masih kuat untuk menyimak yah..
Flickr awalnya dikembangkan oleh Ludicorp, yaitu sebauh perusahaan di Kanada. Flickr diresmikan pada tahun 2004 kemarin.Awalnya Flickr difokuskan pada chat room dan membagi gambar atau foto. lalu evolusi pun terjadi dan saat ini untuk uploading dan chat room menghilang pada situs ini. Saat ini situs ini paling banyak dipakai untuk berbagi foto pribadi, dan seiring inovasinya foto-foto tersebut juga diberi tanda secara folksonomi.

Alhamdulillah selesai juga untuk pembahasan saya kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kawan-kawan.
Do all the goods you can, all the best you can, for all the creatures you can.

No comments:

Post a Comment