Thursday 26 May 2011

Perbedaan Blog dan Website

Untuk tulisan saya kali ini, saya terinspirasi dari sms kawan yang bertanya mengenai hal ini "Mbak Je, enak mana buat blog atau buat website? emenag beda ya mbak??"
Wah, setelah saya menerima sms ini saya pun berpikir, apa ya yang beda?? oke, daripada kawan-kawan ikut bingung, saya akan menjelaskan sedikit ilmu yang saya dapat saat mengikuti workshop blog kemarin.

Sebenarnya kawan, antara blog dan website itu bisa di artikan serupa tapi tak sama. Ya blog itu sudah termasuk website. Nah lo, tambah bingung kan? Eits, jangan salah.. ada beberapa perbedaan kawan, yaitu :
 
  1. Blog pada umunya berbentuk susunan terbalik, maksudnya disini ialah blog merupakan tullisan yang diurut berdasarkan waktu, tulisan yang ditulis akan ditumpuk dengan tulisan yang beru lagi, begitu seterusnya. Nah, inilah yang membedakan dengan website. Blog dapat kita manfaatkan sebagai diary online, sehingga kita dapat mengingat kembali apa aktifitas yang kita tulis pada hari itu.
  2. Dalam blog kita dapat dengan mudah untuk menambah konten baru. konten baru disini maksudnya kawan-kawan dapat mengelola artikelnya sendiri dalam dashboard dan bisa diubah sesuai keinginan.
  3. Menyambung dari hal nomer 2 di atas, pada blog kawan-kawan dapat menemukan konten yang terbaru atau update. Karena dalam blog, konten dapat kawan-kawan update sendiri secara berkala dan mudah.
  4. Blog merupakan alat komunikasi dua arah, baik dari penulis maupun pembaca. Mengapa bisa begitu? Ya, karena dalam blog biasanya dilengkapi dengan kolom komentar yang di dalamnya dapat terjadi interaksi antara pembaca dengan pembaca atau dengan penulis. Jika dalam website, komunikasi biasa terjadi satu arah saja atau biasanya tidak terdapat kolom komentar.
  5. Poin ini masih terkait dengan poin diatas yaitu kotak komentar. Blog yang berisi percakapan akan membuat pembaca lebih mendapat banyak sudut pandang dan banyak ide. Percakapan tersebut merupakan salah satu media untuk mambangun hubungan antar manusia atau human interest.
Oke kawan, sekian dulu penjelasan singkat saya. ^_^



Rahasia untuk berjaya ialah menghormati orang lain

2 comments:

  1. @mas faza : makasih mas,,,, tp aq jek blm dapet ilmu dari pean,,,,hehe

    ReplyDelete